Mengatur Margin Halaman

K
etika kita mengetik naskah di LaTeX, maka pada tahap awal kita harus menentukan dan mengatur margin halamannya. Mengatur margin halaman penting dilakukan agar hasil pencetakan dokumen sesuai dengan yang diinginkan. Margin halaman adalah spasi kosong antara teks/data dan tepi halaman yang dicetak. Misalkan kita memilih dokumen kelas article, mengetikkan naskah di badan dokumen, kemudian mengkompilasinya, maka dokumen kelas kemudian secara otomatis mengatur batas-batas marginnya (batas atas, batas kiri, batas bawah, dan batas kanan). Beberapa informasi margin yang diatur oleh dokumen kelas dapat kita tampilkan dengan menggunakan paket layout dan menuliskannya di preamble kemudian memberi perintah \layout pada badan dokumen. Perhatikan kode perintah berikut.
\documentclass{article}
\usepackage{layout}
\begin{document}
\layout
\end{document}
Hasil kompilasinya terlihat seperti gambar berikut.
margin halaman
Seperti yang terlihat pada gambar tersebut, terdapat banyak margin di halaman. Untuk saat ini yang kita lakukan adalah mengatur margin halaman pada bagian atas, kiri, bawah, dan kanan. Untuk keperluan ini kita memerlukan paket geometry dan beberapa opsinya. Format pemanggilan paket geometry beserta opsi pengaturan jarak marginnya adalah sebagai berikut.
\usepackage[top=jarak,left=jarak,bottom=jarak,right=jarak]{geometry}

Margin Positif

Dalam LaTeX, kita bisa mengatur berapapun batas margin, dan umumnya margin yang digunakan adalah bilangan positif. Agar lebih jelas, perhatikan contoh berikut.
\documentclass[a4paaper,12pt,single]{article}
\usepackage[top=3cm, left=3cm, bottom=3cm,right=2.5cm]{geometry}
\begin{document}
Saya sedang mengatur margin halaman di LaTeX
\end{document}
Pada baris kedua, pada contoh di atas, kita panggil paket geometry, dan mengatur jarak atas 3 cm, kiri 3 cm, bawah 3 cm, dan kanan 2,5 cm. Berikut adalah contoh hasil kompilasi naskah dengan margin tersebut.
mengatur margin halaman di latex
Ada kalanya pula tidak semua batas margin tersebut harus kita sebutkan, seperti contoh berikut.
\documentclass[a4paaper,12pt,single]{article}
\usepackage[top=3cm,left=3cm]{geometry}
\begin{document}
Saya sedang mengatur margin halaman di LaTeX
\end{document}
Jika batas semua margin sama, misalnya bagian atas, kiri, bawah, dan kanan adalah 3 cm, maka kita dapat mengatur batas margin ini dengan perintah pada baris kedua berikut.
\documentclass[a4paaper,12pt,single]{article}
\usepackage[margin=3cm]{geometry}

Margin Nol dan Negatif

Paket geometry memungkinkan kita untuk mengatur margin halaman dengan margin 0 cm dan margin bilangan negatif. Perhatikan kode perintah berikut.
\documentclass{article}
\usepackage[top=0cm, left=3cm, bottom=3cm, right=-3cm]{geometry}
\usepackage{lipsum}
\begin{document}
\lipsum[1-3]
\end{document}
Hasil kompilasi naskahnya adalah sebagai berikut.
mengatur margin halaman di latex
Terlihat bahwa tulisan pada naskah dokumen tersebut rata dengan tepi atas (top=0 cm) dan masuk ke dalam tepi kanan (right=-3cm).

Margin Berbeda Tiap Halaman

Dengan paket geometry, kita bisa mengatur margin yang berbeda di tiap halaman. Misalnya mula-mula kita mengatur margin halaman 3 cm di semua sisi untuk halaman pertma, kemudian pada halaman kedua kita perlu mengatur agar halaman ini menjadi margin atas 4 cm, kiri 6 cm, bawah 4 cm, dan kanan 5 cm. Bagaimana melakukannya?
Mula-mula kita panggil paket geometry dan atur margin 3 cm. Kemudian pada halaman kedua, kita atur lagi batas margin dengan perintah sebagai berikut.
\newgeometry{pengaturan margin baru}
Pengaturan margin adalah sama seperti sebelumnya, yaitu mendeskripsikan top, left, bottom, right, atau margin. Perhatikan kode perintah berikut.
\newgeometry{ top=4cm, left=6cm, bottom=4cm, right=5cm}
Agar lebih jelas, perhatikan gambar berikut.
mengatur margin halaman di latex
Terakhir, bagaimana jika pada dokumen yang kita buat terbagi menjadi tiga halaman. Halaman 1 batas marginnya adalah 3 cm sesuai dengan pengaturan di preamble, halaman 2 margin atas 4 cm, kiri 6 cm, bawah 4 cm, dan kanan 5 cm. Kemudian halaman 3 ingin kita kembalikan lagi batas margin ke nilai semula yaitu 3 cm seperti halaman pertama? Untuk kembali ke margin semula, paket geometry menyediakan perintah sebagai berikut.
\restoregeometry
untuk mengembalikan ke pengaturan margin semula. perintah tersebut kita berikan di awal halaman ketiga. Untuk memberikan batas yang jelas antar halaman, kita berikan pemutus halaman dengan perintah \newpage.
Pada umumnya kita hanya mengatur margin halaman dokumen kita satu kali, dan kita gunakan untuk semua halaman dokumen yang dibuat. Namun ada kalanya kita perlu menyisipkan gambar, tabel, atau grafik yang memenuhi halaman. Maka pada halaman yang memuat hal tersebut, kita bisa mengatur ulang batas marginnya sesuai dengan keperluan, setelah itu halaman berikutnya kita kembalikan lagi batas margin ke semula.
Demikian artikel tentang mengatur margin halaman di LaTeX. Jika ada kesalahan silakan koreksi, jika belum paham mari diskusi, dan jika ada masukan silakan tulis di sini. Semoga bermanfaat.

Mau donasi lewat mana?

Paypal
Bank Rakyat Indonesia - Aan Triono / Rek : 0357-01-132169-50-3
Traktir saya minum kopi dengan cara memberi donasi. klik icon panah di atas. Terima kasih.
https://blog.choipanwendy.com