Menggambar Persegi Panjang

Untuk menggambar dan membuat animasi persegi panjang di Geogebra caranya adalah sebagai berikut :
1. Buatlah slider dengan mengklik tool Slider, lalu klik pada daerah kerja geogebra maka akan muncul kotak dialog berikut.


Isilah kotak dialog di atas : Name (untuk nama slider), Min (untuk nilai minimum slider), Max (untuk nilai maksimum slider), dan Increment (untuk besar nilai pergeseran slider). Lalu klik Ok, maka akan muncul slider yang telah kita buat. Gunakan Move untuk menggeser slider.
2. Membuat persegi panjang: 
Buat garis dengan cara memasukkan persamaan garis $y =a$ pada kotak Input (di sebelah kiri). Dengan cara yang sama, masukkan persamaan garis $x=a$ pada Input. Dengan cara yang sama, masukkan persamaan garis $x=6a$ dan $y =4a$. Setelah itu akan tampak seperti gambar di bawah ini.


3. Buatlah titik potong $A, B, C$ dan $D$ di antara garis-garis tersebut dengan cara klik tombol Intersect pada toolbar, klik dua garis yang akan membentuk titik-titik tersebut.


4. Buat sebuah persegi panjang dengan cara menghubungkan titik-titik potong garis-garis tersebut. Caranya klik Polygon pada toolbar, klik titik $A,B,C,D$, dan kembali ke titik A.


5. Sembunyikan garis-garis yang telah dibuat sebelumnya dengan cara mengklik kanan pada garis tersebut lalu klik Show Object.


6. Ketika kita menggeser slider sisi maka akan terjadi perubahan luas dan keliling pada persegi panjang. Maka terbuktilah bahwa sisi mempengaruhi luas dan keliling persegi panjang.
7. Rapikan tampilan gambar persegi panjang, hilangkan sumbu-sumbu garis dengan mengklik ikon sumbu-sumbu garis. Untuk mengubah warna slider dan  persegi panjang klik kanan masing-masing dan pilih pengaturan dan pilih warna (Jika menggunakan bahasa Indonesia).


Berikut ini Admin berikan video tutorialnya agar lebih mudah dipahami.


Berikut ini Admin berikan contoh hasil membuat gambar dan animasi persegi panjang. Geser slider a (garis berwarna merah) ke kanan.


Demikian artikel tentang menggambar dan membuat animasi persegi panjang di GeoGebra. Jika ada saran atau masukan silakan tulis di kolom komentar atau menghubungi admin secara langsung di menu contact. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Mau donasi lewat mana?

Paypal
Bank Rakyat Indonesia - Aan Triono / Rek : 0357-01-132169-50-3
Traktir saya minum kopi dengan cara memberi donasi. klik icon panah di atas. Terima kasih.
https://blog.choipanwendy.com