Membuat Tabel di LaTeX

M
embuat tabel di $\LaTeX$ tentulah tidak seperti membuat tabel di Ms. Excel ataupun di Spreadsheet. Di kedua aplikasi tersebut sudah terlihat garis-garis pemisah kolom dan baris di dalam tabel yang akan dibuat. Berbeda sekali dengan $\LaTeX$,  ada sintaks-sintaks tertentu yang harus dilakukan agar tabel yang dihasilkan sesuai dengan yang diinginkan. Lalu bagaimana cara membuat tabel di $\LaTeX$?. Berikut ini Admin berikan panduan sederhana dalam membuat tabel di $\LaTeX$.
Tabel dibuat dengan menggunakan lingkup perintah tabular. Setelah perintah \begin{tabular}, harus dituliskan kode spesifikasi yang menyatakan bagaimana kolom ditempatkan. Kode ini dipilih dari huruf 'l', 'c', 'r', atau 'p', untuk menyatakan rata kiri, rata tengah, rata kanan, atau bentuk paragraf. Untuk kode 'p' diikuti dengan unit yang menyatakan lebar paragraf yang diinginkan.  Kemudian diantara perintah \begin{tabular} dan \end{tabular} tersebut baris-baris tabel dipisahkan oleh tanda double backslash (\\), dan pemisah antar kolom dengan menggunakan tanda '&'. Garis horizontal selebar tabel dibuat dengan perintah \hline, dan  garis vertikal setinggi tabel dapat dibuat dengan menyisipkan kode '|' pada spesifikasi kolom.
Tabel Tanpa Garis
Sebagai contoh misalnya kita akan membuat tabel dengan $6$ baris dan $5$ kolom, kodenya adalah sebagai berikut.
Hasil dokumennya terlihat seperti gambar berikut.
Tabel tanpa garis di LaTeX
Untuk {cllll} maksudnya banyak kolom yang dibuat dan ‘c’ sendiri artinya center yaitu meletakkan posisi kalimat pada kolom yang bersangkutan pada posisi tengah. 'l' artinya left yaitu meletakkan posisi kalimat pada kolom yang bersangkutan pada posisi kiri. Perintah \begin{table}[h!] digunakan untuk meletakkan tabel di posisi tabel tersebut ditulis. Pada tabel tersebut tidak terlihat garis pembatas antar baris ataupun antar kolom. Jika ingin membuat garis untuk batas kolom bisa memberikan tanda | pada {cllll}-nya sedemikian hingga menjadi {|c|l|l|l|l|}. Selanjutnya untuk garis pembatas antar baris atau garis horizontal bisa memberikan perintah \hline. Perhatikan kode berikut.
Hasil dokumennya terlihat seperti gambar berikut.
Tabel dalam LaTeX
Menggabungkan Baris Tabel
Dalam penggabungan baris pada tabel dibutuhkan package tambahan yaitu \usepackage{multirow}. Perhatikan kode berikut.
Hasil dokumennya terlihat seperti gambar berikut.
Menggabung baris tabel di LaTex
Pada contoh di atas, Admin menggunakan perintah \multirow{3}{*}{Bangunrejo} yang artinya menggabungkan 3 baris sehingga menggunakan angka ‘3’. Kemudian untuk membuat garis horizontal pada baris pertama menggunakan perintah \cline{3-4} yaitu memberikan garis horizontal pada kolom ke-3 sampai ke-4. Demikian juga untuk baris selanjutnya.
Menggabungkan Kolom Tabel
Untuk menggabungkan kolom tabel juga menggunakan paket \usepackage{multirow}. Perhatikan kode berikut.
Hasil dokumennya terlihat seperti gambar berikut.
Menggabung kolom tabel di LaTeX
Terlihat pada gambar untuk menggabungkan tiga kolom di gunakan perintah \multirow{3}, dan perintah {|c|} untuk memberikan garis verikal di sebelah kiri dan kanan pada kolom yang bersangkutan.
Menggabungkan Kolom Dan Baris Tabel
Selanjutnya untuk menggabungkan baris dan kolom tabel dengan menggunakan perintah \multirow{}{} dan \multicolumn{}{}. Sebagai contoh perhatikan kode berikut.
Hasil dokumennya terlihat seperti gambar berikut.
Menggabung baris dan kolom tabel di LaTeX
Memutar Tabel
Ada kalanya layout dokumen menggunakan mode landscape. Untuk mengubah layout tabel mengikuti mode landscape kita dapat  menggunakan paket \usepackage{rotating}. Perhatikan kode berikut.
Hasil dokumennya terlihat seperti gambar berikut.
tabel mode landscape di LaTeX
Cara lainnya adalah menggunakan paket \usepackage{adjustbox}. Perhatikan kode berikut.
Hasil dokumennya terlihat seperti gambar berikut.


Posisi Tabel
Untuk menempatkan letak tabel pada dokumen digunakan perintah : \begin{table}{where} Table \end{table}. Pada bagian {where} dapat diganti dengan :
  • h = here, akan menempatkan tabel di sini.
  • t = top, posisikan tabel di bagian atas halaman.
  • b = bottom, posisikan tabel di bagian bawah halaman.
  • p = page, letakkan tabel di halaman khusus, untuk tabel saja.
  • ! = override, ganti parameter LaTeX internal.
  • H = here, tempatkan tabel di lokasi yang ini, hampir seperti h!.
Perhatikan kembali contoh-contoh di atas.
Tabel Dengan Panjang Tertentu
Ketika membuat tabel, Anda mungkin memerlukan panjang tetap baik untuk setiap kolom atau untuk seluruh tabel. Perhatikan kode berikut untuk melihat panjang kolom yang ditetapkan.
Hasil dokumennya terlihat seperti gambar berikut.
Jika Anda tidak ingin mengontrol lebar setiap sel/kolom, tetapi untuk seluruh tabel dan kemudian mendistribusikan spasi di dalamnya secara merata, Anda dapat menggunakan paket tabularx. Perhatikan kode berikut ini.
Hasil dokumennya terlihat seperti gambar berikut.
lebar tabel di LaTeX
Mewarnai Tabel
untuk mewarnai tabel bisa menggunakan paket \usepackage{xcolor} dengan opsi table. Perhatikan kode berikut untuk memberi warna pada tabel.
Hasil dokumennya terlihat seperti gambar berikut.
Demikian artikel tentang cara membuat tabel di $\LaTeX$, tentu Anda dapat mengembangkan lagi kreatifitasnya untuk memperindah tampilan tabel yang dibuat. Jika ada saran, kritik, ataupun masukan, silakan tuliskan di kolom komentar. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Mau donasi lewat mana?

Paypal
Bank Rakyat Indonesia - Aan Triono / Rek : 0357-01-132169-50-3
Traktir saya minum kopi dengan cara memberi donasi. klik icon panah di atas. Terima kasih.
https://blog.choipanwendy.com