Gelombang Kurva Sinus dan Cosinus

G
eogebra adalah program dinamis yang memiliki fasilitas untuk memvisualisasikan atau mendemonstrasikan konsep-konsep matematika serta sebagai alat bantu untuk mengkonstruksi konsep-konsep matematika. Berkaitan dengan hal tersebut, dalam kesempatan ini, Admin akan memberikan panduan membuat dan menganimasikan kurva fungsi trigonometri yaitu pada kurva sinus dan kurva cosinus. Perhatikan gambar berikut.
kurva sinus dan cosinus
Adapun cara membuat dan menganimasikan kurva fungsi trigonometri yaitu pada kurva sinus dan kurva cosinus adalah sebagai berikut :
1. Buka aplikasi Geogebra.
2. Klik kanan pada Tampilan Grafik.  Perhatikan gambar berikut.
tampilan grafik di GeoGebra
isikan pada format absis dan ordinat grafik seperti berikut: Sumbu X : min = $-10^0$ dan maks = $360^0$ Sumbu Y : min = $- 2$ dan maks = $2$. Perhatikan gambar berikut.
absis pada Geogebra
Pada bagian xAxis isi sesuai gambar berikut.
tampilan sumbu X di GeoGebra
3. Buat dua buah slider/luncuran yaitu slider/luncuran a dan slider/luncuran b dengan kriteria seperti pada gambar berikut. Caranya klik Slider lalu klik pada Tampilan Grafik, maka akan muncul kotak, isilah dengan nama a beserta data lainnya seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
tampilan luncuran/slider di geoGebra
Klik lagi Slider lalu klik pada Tampilan Grafik, maka akan muncul kotak, isilah dengan nama b beserta data lainnya seperti di bawah ini.
tampilan slider di geogebra

Maka hasilnya terdapat dua buah slider/luncuran.
4. Pada kotak Input tuliskan rumus $y = a*sin(b*x^0)$
kurva fungsi sinus
Selanjutnya ketikkan $y = a*cos(b*x^0)$ di kotak Input
kurva cosinus di geogebra
5. Gerakkan slider/luncuran a dan slider/luncuran b, maka kurva grafik akan bergerak.
kurva sinus dan cosinus
6. Aktifkan animasi dengan cara letakkan kursor pada bulatan kedua slider/luncuran, klik kanan dan klik Animation On, maka kedua kurva agar bergerak terus-menerus sesuai perubahan angka pada slider/luncuran. Perhatikan gambar berikut.
animation on pada kurva sinus dan cosinus

Selanjutnya rapikan tampilan kurva, slider, grafik dan lain sebagainya. Apakah hasilnya sama seperti yang Admin buat berikut ini? Klik ikon play di bagian kiri bawah atau gerakkan slider a dan slider b untuk melihat gelombang cinta kurva sinus dan kurva cosinus.
Demikian artikel membuat dan menganimasikan kurva sinus dan kurva cosinus di GeoGebra. Jika ada saran, kritik, ataupun masukan, silakan tuliskan di kolom komentar. Semoga bermanfaat. Terima kasih.



Mau donasi lewat mana?

Paypal
Bank Rakyat Indonesia - Aan Triono / Rek : 0357-01-132169-50-3
Traktir saya minum kopi dengan cara memberi donasi. klik icon panah di atas. Terima kasih.
https://blog.choipanwendy.com