Pembelajaran Melalui Blog

pembelajaran melalui blog di masa pandemi
Pada tahun 2020 ini, dunia diguncangkan oleh munculnya sebuah virus misterius yang dikenal dengan nama COVID-19 (Corona Virus Disease 2019). Awal munculnya virus ini pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan sangat cepat dan telah menyebar ke hampir semua negara, termasuk Indonesia, hanya dalam waktu beberapa bulan.
Perubahan di bidang pendidikan
Berbagai bidang kehidupan telah merasakan dampak dari virus ini baik bidang ekonomi, industri, kesehatan dan lain sebagainya. Bidang yang juga ikut terkena imbas dari munculnya virus ini adalah bidang pendidikan. Kementerian di berbagai Negara telah mengambil langkah di setiap sekolah dan universitas untuk melakukan pembelajaran melalui internet. Pembelajaran yang semula menggunakan sistem PBM dengan tatap muka berubah menggunakan sistem pembelajaran online. Peralihan proses pembelajaran yang dulunya melalui tatap muka menjadi online tentunya memaksa berbagai pihak untuk dapat mengikuti proses dan alurnya, supaya sistem pembelajaran tetap berjalan dengan baik. Namun ternyata, sistem ini tidak berjalan se-efektif yang dibayangkan, bahkan seluruh pihak mengalami kesulitan, tidak hanya siswa, orang tua, guru, dan pemerintah ikut merasakannya. Pembelajaran online ini memberikan dampak yang sangat besar, baik dampak positif dan juga dampak negatifnya. Seperti yang kita lihat, dari seluruh masyarakat tidak seluruhnya melek teknologi, baik guru, siswa, dan orang tua masih ada yang dalam tahap adaptasi dengan kemajuan teknologi saat ini.
Aplikasi penunjang pembelajaran online
Berbagai aplikasi digunakan oleh guru untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran secara online, ada yang menggunakan LMS Moodle, Schoology, Microsoft Teams, Google Classroom, Personal Blog, dan lain sebagainya. Tentulah penggunaan apliasi tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dan kesiapan dalam memanfaatkan dan menggunakan aplikasi tersebut.
Pembelajaran menggunakan blog dan lms moodle
Penulis sendiri selaku seorang guru memanfaatkan personal blog dan LMS Moodle untuk melaksanakan pembelajaran online  kepada siswa. LMS Moodle yang sudah dibuat dihubungkan ke dalam blog yang dimiliki sehingga siswa tidak terlalu kesulitan dalam mengakses materi dan soal-soalnya karena sudah disediakan di dalam blog dan moodle itu sendiri. 
Manfaat pembelajaran menggunakan blog
Adapun manfaat blog sebagai media dan sumber belajar antara lain sebagai berikut:
  1. Blog sebagai rumah belajar dan berbagi guru. Artinya, kreativitas dan kegemaran guru dapat disalurkan melalui blog, seperti kreativitas dalam menulis, maupun karya-karya lainnya. Karena media cetak cukup terbatas untuk memuat tulisan-tulisan kita, blog dapat menjadi penyaluran kreativitas menulis karena bisa langsung dipublikasikan tanpa editing.
  2. Blog dapat meringankan tugas dan beban guru dalam mengajar. Blog akan memudahkan guru karena segalanya dapat dimasukkan ke dalam blog. Misalnya, materi pelajaran, tugas siswa, informasi nilai siswa. Sementara siswa dapat dengan mudah mengunduhnya tanpa dibatasi waktu dan ruang. Cara tersebut tentunya dapat menghemat waktu, tenaga, biaya.
  3. Blog dapat meningkatkan minat belajar para siswa. Dengan blog, seorang guru dapat memposting suatu permasalahan atau materi pelajaran yang disusun dalam suatu bahasa yang formal tetapi lebih santai. Kemudian para siswa bisa blogwalking ke blog tersebut dan kegiatan belajar mengajar pun bisa menjadi lebih menyenangkan. Materi pelajaran yang diposting melalui media blog bisa menjadi sebuah konten hebat yang bermanfaat bagi kemajuan dunia pendidikan.
  4. Blog dapat diakses oleh siapa pun di belahan dunia. Dengan blog, guru bisa berbagi materi pelajaran tidak hanya untuk siswanya, tetapi juga setiap orang orang yang membutuhkan pemikirannya di mana pun mereka berada dengan mudah dan murah.
  5. Blog dapat menjadi media silaturahim. Blog dapat dijadikan sebagai sarana untuk bertemu secara tidak langsung dan dapat menjalin komunikasi satu sama lain karena blog dapat diakses oleh siapapun di seluruh dunia.                                                    
Akhir kata mengingat begitu banyaknya manfaat yang dapat diperoleh dari pemanfaatan blog sebagai media dan sumber belajar guru dan siswa, para guru tentunya dapat mencoba menerapkan media tersebut. Memiliki blog artinya memilki rumah maya. Di rumah tersebut, kita bisa mengisi dengan apa pun yang bermanfaat untuk orang lain, khususnya untuk menunjang tugas guru dalam mencerdaskan generasi bangsa

Mau donasi lewat mana?

Paypal
Bank Rakyat Indonesia - An. Aan Triono / Rek : 0357-01-132169-50-3
Traktir saya minum kopi dengan cara memberi sedikit donasi. klik icon panah di atas. Terima kasih.
https://blog.choipanwendy.com