Merancang dan Membuat Google Classroom

Membuat Kelas Pembelajaran Online Dengan Menggunakan Google Classroom


Berikut ini disajikan langkah-langkah untuk membuat kelas pembelajaran online dengan menggunakan google classroom. Untuk memulai membuat kelas baru di Google Classroom dialkukan dengan cara masuk ke alamat laman classroom.google.comSilahkan login dengan menggunakan akun Gmail Anda. Bila Anda telah login gmail, Anda dapat juga masuk ke google classrom, dengan mengklik pilihan classroom pada menu akun gmail.  

Setelah ikon titik 9 diklik maka akan muncul aplikasi-aplikasi Google sebagai berikut, selanjutnya pilih dan klik ikon Classroom


Untuk membuat kelas dengan cara klik ikon tanda tambah (+) dan pilih  buat kelas (create class).


Saat memulai membuat kelas, akan ada peringatan persetujuan. Persetujuan tersebut menyatakan bahwa Anda tidak menggunakan Google Classroom untuk di sekolah dengan siswa-siswa, misalnya kelas yang Anda buat hanya untuk belajar bersama. Anda harus menggunakan G Suite untuk Pendidikan (Google for Education) jika ingin menggunakan Google Clasroom untuk sekolah dan siswa-siswa.  selanjutnya akan tampil tulisan berikut dan centang kotak kecil di bagian bawah, kemudian klik lanjutkan


Setelah klik lanjutkan, akan ke tahap berikutnya yaitu mengisi formulir awal pembukaan kelas.   


Nama kelas wajib diisi, pada menu bagian dapat diisi deskripsi singkat, tingkat kelas maupun jadwal kelas. Klik buat, kelas pembelajaran Anda dalam google classroom siap untuk diisi.


Pada tampilan awal kelas yang telah Anda buat, akan nampak nama kelas, deskripsi singkat, serta kode kelas. Menu-menu yang muncul yakni Menu Forum, Tugas Kelas, Anggota, dan Nilai. Kode kelas yang akan kita bagikan ke guru atau siswa terdapat pada bagian kanan di bawah deskripsi kelas sedangkan menu tema kelas terdapat di menu yang ada di bagian kanan. Untuk mengubah tema kita dapat memilih dan mengklik "Pilih tema", dan akan muncul gambar-gambar seperti berikut :


Sebaiknya Tema kelas dipilih sesuai dengan mata pelajaran yang diampu dan selanjutnya klik pilih tema kelas. 
Demikian cara untuk membuat kelas pembelajaran online menggunakan layanan Google Classroom. Setelah kelas sudah siap maka selanjutnya adalah mengundang pengajar, siswa dan menyiapkan aktivitas yang akan dilakukan seperti daftar hadir, materi, diskusi, tugas, penilaian dan lain sebagainya. Semua akan dibahas pada tutorial berikutnya.

Mau donasi lewat mana?

Paypal
Bank Rakyat Indonesia - An. Aan Triono / Rek : 0357-01-132169-50-3
Traktir saya minum kopi dengan cara memberi sedikit donasi. klik icon panah di atas. Terima kasih.
https://blog.choipanwendy.com