Struktur Naskah LaTeX

S
etelah kita memasang $\LaTeX$ di komputer, dan sudah mengenal struktur dokumen $\LaTeX$, kelas dokumen, dan package maka selanjutnya kita akan menuliskan dokumen dengan menggunakan $\LaTeX$. 
struktur naskah LaTeX
Biasanya struktur naskah $\LaTeX$ memuat judul dokumen, paragraph, bab, subbab, bagian, komentar, daftar isi, gambar, dan tabel dan sebagainya. Bagimana mengatur semua itu dalam $\LaTeX$. Berikut penjelasannya.
Judul Dokumen
Judul dokumen, nama pengarang, dan tanggal penulisan dituliskan melalui perintah :
Pada bagian \date{Tanggal} Anda bisa mengganti Tanggal dengan perintah \today jika ingin dokumen tampil sesuai dengan tanggal sekarang. Kemudian judul dokumen tersebut dapat ditampilkan dengan menulis  perintah \maketitle di badan dokumen.
Paragraph
Di dalam dokumen $\LaTeX$ paragraf dipisahkan satu dari yang lain oleh satu atau beberapa baris kosong atau perintah \par. Jika dalam sebuah paragraf ada baris yang ingin dimulai dengan baris baru tanpa memulai paragraf baru, maka paragraf sebelum baris baru ini diakhiri dengan perintah :
$\fbox{\\\ , atau \newline}$. 
Untuk memulai halaman baru, gunakan perintah :
$\fbox{\newpage, \clearpage, \cleardoublepage, \clearemptydoublepage}$
Perintah yang menggunakan awalan \clear akan terlebih dahulu menempatkan float yang ada sebelum membuat halaman baru. Perintah \cleardoublepage biasanya digunakan untuk penyusunan naskah yang akan dicetak di kedua sisi kertas seperti buku untuk menghasilkan halaman berikutnya yang berada pada sisi kanan buku (bernomor ganjil). Jika halaman perintah \cleardoublepage berada pada halaman ganjil, maka perintah ini akan membuat halaman genap yang berisi nomor halaman dan mungkin heading dan footing
Bab, Sub Bab, dan Bagian
Dokumen kelas article memiliki perintah seperti:
Sedangkan dokumen kelas report dan book selain memiliki perintah-perintah di atas juga memiliki perintah :
Argumen yang diberikan pada perintah-perintah ini adalah  nama bab, subbab, dan lain-lain. Dalam naskah buku yang dituliskan dengan kelas dokumen book, \fronmatter digunakan untuk menandai halaman judul, daftar isi, kata pengantar, daftar gambar, dan sebagainya. \mainmatter untuk menandai bagian tulisan utama, dan \backmatter untuk menandai daftar pustaka, indeks, daftar istilah, dan sebagainya. Perintah \chapter, \section, \subsection, dan \subsubsection secara otomatis memberikan nomor pada nama bagian, bab, dan sebagainya. Jika nomor ini tidak diinginkan, perintah yang ekivalen adalah \chapter*, \section*, \subsection*, dan \subsubsection*.
Contoh struktur dokumen kelas article :
dan contoh struktur dokumen kelas book :
Komentar
$\LaTeX$ memberikan ruang kosong di dalam pengetikan yang tidak akan dicetak, ini memberikan kemudahan dalam memberikan catatan atau penjelasan dalam tulisan, seperti terlihat dalam struktur dokumen kelas book di atas. Komentar di dalam dokumen dituliskan setelah karakter persen (‘%’) dan berlanjut sampai akhir baris.
Daftar Isi, Gambar, Tabel
Dengan menggunakan perintah pembagian struktur seperti \part, \chapter, \section seperti di atas, daftar isi dapat secara otomatis dimunculkan dengan perintah :
$\fbox{\tableofcontents}$
Demikian juga jika dokumen memuat gambar dan tabel yang dibuat melalui  float table dan figure, maka daftar gambar dan tabel dapat ditampilkan dengan perintah :
$\fbox{\listoftables dan \listoffigures}$
Demikian artikel tentang struktur naskah LaTeX. Jika ada saran, kritik, ataupun masukan, silakan tuliskan di kolom komentar. Semoga bermanfaat. Terima kasih.



Mau donasi lewat mana?

Paypal
Bank Rakyat Indonesia - Aan Triono / Rek : 0357-01-132169-50-3
Traktir saya minum kopi dengan cara memberi donasi. klik icon panah di atas. Terima kasih.
https://blog.choipanwendy.com