Puasa Asyura


Puasa Asyura' dilaksanakan pada tanggal 10 Muharam dan dapat menjadi kaffrah dosa setahun
Bismillah...
Pada tahun ini hari Asyura' 10 Muharam 1442 H bertepatan dengan hari Sabtu, 29 Agustus 2020. Hari Asyura' merupakan hari yang sangat istimewa. Rasullullah SAW memberikan banyak perhatian pada hari itu untuk berpuasa. Dari Ibnu Abbas RA, beliau mengatakan yang artinya : "Saya belum pernah melihat Nabi SAW memberikan perhatian terhadap puasa di satu hari yang beliau istimewakan, melebihi hari Asyura', dan puasa di bulan ini, yaitu Ramadhan. (HR. Ahmad dan Bukhari).

Nabi SAW juga menjanjikan, puasa di hari Asyura' bisa menjadi kaffarah (penebus dosa) setahun yang lalu. Para ulama sepakat bahwa puasa pada hari Asyura' tidak wajib, hukumnya sunah. 
Tahapan Puasa Asyura
Al-Hafidz Ibn Rajab menyebutkan tahapan perjalanan puasa Asyura :
Pertama, Nabi SAW telah melakukan puasa Asyura bersama orang musyrikin Mekkah. 'Aisyah Ra menceritakan : Hari Asyura adalah hari berpuasanya orang quraisy di masa jahiliyah. Dan dulu Rasullullah SAW juga berpuasa Asyura. Ketika beliau tiba di Madinah, beliau melakukan puasa itu, dan menyuruh para sahabat untuk melakukan puasa Asyura. (HR. Bukhari dan Muslim)
Kedua, Ketika Nabi SAW tiba di Madinah, beliau melihat orang-orang yahudi melakukan puasa Asyura, akhirnya beliau pun berpuasa dan menyuruh para sahabat untuk berpuasa.Saat itu, puasa Asyura' menjadi puasa wajib bagi kaum muslimin.
Ketiga, Ketika puasa Ramadhan diwajibkan, hukum puasa Asyura' menjadi anjuran dan tidak wajib.
Keempat, di akhir hayat Nabi SAW beliau memerintahkan sahabat untuk melakukan puasa tanggal 9 dan 10 Muharam, untuk membedakan dengan puasanya orang yahudi. Dari Ibn Abbas RA beliau menceritakan : "Ketika Nabi SAW melaksanakan puasa Asyura' dan memerintahkan para sahabt untuk berpuasa. Kemudian ada sahabat yang berkata : Ya Rasullullah, sesungguhnya hari Asyura' adalah hari yang diagungkan orang yahudi dan nasrani. Kemudian Nabi SAW bersabda : "Tahun depan, kita akan berpuasa di tanggal sembilan." Namun, belum sampai tahun depan, Nabi SAW sudah diwafatkan. (HR. Muslim)
Semoga umur kita dipanjangkan Allah SWT sehingga bisa bertemu lagi dengan bulan Muharam tahun depan dan diberi hidayah dan inayah  untuk berpuasa di hari Asyura'.Aamiin...

Mau donasi lewat mana?

Paypal
Bank Rakyat Indonesia - An. Aan Triono / Rek : 0357-01-132169-50-3
Traktir saya minum kopi dengan cara memberi sedikit donasi. klik icon panah di atas. Terima kasih.
https://blog.choipanwendy.com