Tulisan Dalam LaTeX

D
alam sebuah dokumen, seringkali pembuatnya ingin menampilkan ciri khas gaya penulisannya baik dalam hal pemilihan huruf, ukuran huruf, ataupun berbagai "aksesories" untuk memperindah tampilan dokumennya. Tak terkecuali di dalam $\LaTeX$, sebagai typesetting, $\LaTeX$ telah memberikan sumber daya yang melimpah untuk memperindah hasil dokumen penulisan.  Huruf dalam $\LaTeX$ ditentukan oleh $5$ atribut berikut:
  • Cara pengkodean (encoding): hal ini berkaitan dengan bagaimana bentuk grafik dari suatu karakter dikodekan dalam dokumen yang menggunakan kode ASCII. Sebagai contoh, bentuk grafik ‘¿’ tidak ada representasi langsung dalam kode ASCII, namun bentuk tersebut dapat dimunculkan melalui karakter ‘>’.
  • Keluarga ( family): untuk naskah normal $\LaTeX$ menyediakan $3$ keluarga font yaitu: roman yang dipanggil dengan perintah \textrm, sans serif yang dipanggil dengan perintah \textsf, dan huruf mesin tik yang dipanggil dengan perintah \texttt,
  • Lebar dan ketebalan (serie): sedang (\textmd) dan tebal (\textbf).
  • Bentuk (shape): tegak yang dipanggil dengan \textup, miring (italic atau slanted ) yang dipanggil dengan \textit atau \textsl, dan HURUF CETAK KECIL (smallcaps) yang dipanggil dengan \textsc.
  • Ukuran (size) yang dapat diubah melalui perintah-perintah : \tiny, \scriptsize, \footnotesize, \small, \normalsize, \large, \Large, \LARGE, \huge, \Huge.
Perintah-perintah di atas dapat dituliskan dalam bentuk perintah berparameter maupun dalam bentuk deklarasi. Perhatikan tabel berikut.
Gaya Perintah Deklarasi
roman \textrm{roman} {\rmfamily roman}
sans serif \textsf{sans serif} {\sffamily sans serif}
typewriter \texttt{typewriter} {\ttfamily typewriter}
medium \textmd{medium} {\mdseries medium}
boldface \textbf {boldface} {\bfseries boldface}
upright \textup {upright} {\upshape upright}
italic \textit {italic} {\itshape italic}
slanted \textsl{slanted} {\slshape slanted}
SMALL CAP \textsc{small cap} {\scshape small cap}
Perhatikan contoh yang terlihat pada gambar berikut.


Ukuran Huruf
Secara default ukuran huruf yang dicetak $TeX$ adalah $10pt$. Anda bisa mengubah ukuran huruf tersebut melalui perintah-perintah \tiny, \scriptsize, \footnotesize, \small, \normalsize, \large, \Large, \LARGE, \huge, \Huge.
Perhatikan contoh berikut.

ukuran huruf di LaTeX

Mewarnai tulisan
Untuk mewarnai tulisan caranya adalah dengan menuliskan perintah {\color{color} Teks yang akan diwarnai}, bisa juga menggunakan perintah \textcolor{color}{Teks yang akan diwarnai}.
Background tulisan berwarna
Untuk memberi background berwarna pada tulisan dapat digunakan perintah \colorbox{warna}{teks yang akan dibuat background berwarna}, bisa juga menggunakan perintah \colorbox{warna}{\color{warna}Tulisan yang akan dibuat background berwarna}.
Tulisan dalam kotak
Untuk membuat tulisan di dalam kotak dapat digunakan perintah \fbox{Tulisan yang berada dalam kotak}, dan jika ingin kotaknya berwarna bisa menggunakan perintah \fcolorbox[warna}{warna}{Tulisan yang berada dalam kotak} Untuk pewarnaan tulisan, Anda harus mencantumkan paket xcolor di mukadimah dokumen.
Memutar tulisan
Untuk memutar posisi tulisan dapat digunakan perintah \rotatebox{besar sudut}{Tulisan yang akan diputar posisinya}. Untuk memutar tulisan Anda harus mencantumkan paket graphicx di bagian mukadimah dokumen.
Perhatikan contoh yang terdapat pada gambar berikut.

warna tulisan di LaTeX

Demikian artikel tentang tulisan dalam $\LaTeX$. Jika ada saran, kritik, ataupun masukan, silakan tuliskan di kolom komentar. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Mau donasi lewat mana?

Paypal
Bank Rakyat Indonesia - Aan Triono / Rek : 0357-01-132169-50-3
Traktir saya minum kopi dengan cara memberi donasi. klik icon panah di atas. Terima kasih.
https://blog.choipanwendy.com