Menulis LaTeX di TeXLive

Seperti yang telah Admin posting sebelumnya, bahwa salah satu "mesin" $\LaTeX$ yang powerfull dan bisa digunakan secara offline adalah TexLive. Dengan ukuran aplikasi di atas $4$ GB, TeXLive memiliki banyak paket yang dibutuhkan untuk menulis $\LaTeX$. Berbeda dengan MikTeX yang ukurannya kecil, harus mengunduh dulu paket-paket yang dibutuhkan ketika menulis $\LaTeX$. setelah Anda memasang TeXLive di komputer, maka Anda bisa untuk memulai bekerja dengannya. Lalu bagaimana memulainya? Ikuti panduan berikut (untuk komputer dengan sistem operasi Windows).
1. Buka komputer Anda.
2. Klik Start > All Program > Cari TeXLive > Klik ikon panah, seperti gambar berikut.

TeXLive di komputer

3. Selanjutnya pilih TeXworks editor.

TeXWorks editor

4. Selanjutnya tampil seperti berikut.

Tampilan TeXWorks editor
Area berwarna putih adalah tempat untuk menulis teks, dan tombol berwarna hijau adalah untuk mengkompilasi teksnya.
Jika Anda telah memasang editor $\LaTeX$ selain TeXworks, misalnya TeXstudio, maka Anda dapat menggunaknnya dengan cara sebagai berikut.
1. Buka komputer Anda.
2. Klik Start > All Program > Cari TeXstudio, seperti terlihat pada gambar berikut.

editor TeXstudio di laTeX

3. Setelah Anda mengklik TeXstudio, maka akan tampil seperti berikut.

editor TeXstudio di TeXLive

Terlihat tampilan TeXstudio dengan aneka fitur-fitur yang ditampilkan secara langsung. Selanjutnya untuk membuat dokumen baru di TeXstudio adalah cukup dengan menekan CTRL+N atau klik Menu File > New, maka akan terbuka area untuk menulis teksnya. Jika sudah selesai menulis, klik ikon Save atau Save As untuk menyimpannya dengan file berekstensi *.tex. Selanjutnya Anda bisa menutup dokumen atau mengakhiri dengan mengklik ikon X. Setelah Anda membuat dokumen dan ingin melihat hasilnya, compile dokumen Anda dengan mengklik ikon segitiga hijau, tunggu prosesnya maka akan muncul tampilan file anda. 
Demikian artikel tentang menulis $\LaTeX$ di TeXLive menggunakan editor TeXworks dan TeXstudio. Jika ada saran, kritik, ataupun masukan, silakan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Mau donasi lewat mana?

Paypal
Bank Rakyat Indonesia - Aan Triono / Rek : 0357-01-132169-50-3
Traktir saya minum kopi dengan cara memberi donasi. klik icon panah di atas. Terima kasih.
https://blog.choipanwendy.com