Cara Membuat Color Box di LaTeX

D
alam sebuah dokumen, terkhusus dokumen matematika seringkali ditemui penulisan rumus-rumus tertentu yang penulisannya dipisahkan dari teks sebelumnya dan ditempatkan dalam sebuah kotak berbingkai. Tentu saja hal ini dilakukan agar pembaca lebih fokus terhadap rumus yang dituliskan juga agar tampilan dokumen tersebut lebih menarik minat pembacanya. Sebagai contoh perhatikan gambar berikut.
Untuk membuatnya terlebih dulu Anda cantumkan paket \usepackage{tcolorbox} di bagian mukadimah dokumen. Dari gambar di atas, Anda dapat mengubah letak tulisan definisi beserta pewarnaanya, warna kotak, background teks, dan lain sebagainya. Tentu saja masih banyak bentuk color box yang disediakan oleh $\LaTeX$. Anda dapat mempelajari dokuementasinya di https://www.ctan.org/pkg/tcolorbox..
Sebagai contoh berikut Admin berikan beberapa kode dan hasil dokumennya berikut ini.
1. Judul dan isi masing-masing di dalam kotak yang berbeda. Perhatikan kode berikut.
Hasil dokumennya seperti terlihat pada gambar berikut.
membuat colorbox di LaTeX
2. Judul dan isi masing-masing di dalam kotak yang berbeda. Judul berada pada kotak kecil di bagian atas. Perhatikan kode berikut.
Hasil Hasil dokumennya seperti terlihat pada gambar berikut.
Membuat colorbox di LaTeX
Lalu bagaimana dengan gambar di bawah ini?
Bagaimana cara membuatnya di $\LaTeX$. Anda harus mencantumkan dulu paket \usepackage{bclogo} di bagian mukadimah dokumen. Sebagai contoh berikut Admin berikan kode dan penjelasan untuk gambar tersebut di bawah ini.
Itulah beberapa contoh membuat color box di $\LaTeX$. Tentu saja Anda dapat mengembangkannya lebih dalam lagi sesuai dengan kreativitas yang dimiliki.
Demikian panduan cara membuat color box atau kotak berwarna di $\LaTeX$. Jika ada kesalahan mohon dikoreksi, jika belum paham mari berdiskusi. Jika ada masukan silakan tuliskan di sini, jika Anda senang, Admin buatkan panduan lagi 😀. Semoga bermanfaat.

Mau donasi lewat mana?

Paypal
Bank Rakyat Indonesia - Aan Triono / Rek : 0357-01-132169-50-3
Traktir saya minum kopi dengan cara memberi donasi. klik icon panah di atas. Terima kasih.
https://blog.choipanwendy.com