Cara Belajar Efektif dan Efisien

Adakah manusia yang pintar sejak lahir? Hmmm... tentu tidak ya. Manusia perlu belajar untuk menjadi pintar. Menjadi manusia yang pintar, cerdik, dan cerdas tentu melewati suatu proses, yaitu belajar. Dengan belajar manusia bisa mengetahui apa-apa yang sebelumnya tidak diketahui. Tetapi, terkadang ada manusia yang sudah belajar berulang kali tetapi belum memahami apa yang dipelajarinya. Kira-kira kenapa ya?

Cara Belajar Efektif

Bisa jadi salah satu sebabnya adalah cara belajarnya yang tidak efektif dan efisien. Faktanya, memang semua orang mampu melakukan aktivitas belajar. Hanya saja yang menguasai cara belajar efektif dan efisian lah yang mampu menyerap hasil belajar lebih baik. Nah, bagaimana sih cara belajar efektif dan efisien?
Dalam kesempatan ini Admin  akan mengulas tentang Cara belajar efektif dan efisien membuat belajar menjadi menyenangkan dan mampu memaksimalkan hasil belajar sehingga belajarnya berhasil.

Luruskan niat 

Pertama sekali, tentu harus meluruskan niat untuk belajar. Belajar untuk menimba ilmu, memahami dan bisa menerapkan dalam kehidupan nyata. Niatkan belajar untuk menggapai ridhoNya, sehingga dipermudah dalam proses belajar.

Tetapkan tujuan

Cara belajar efektif dan efisien yaitu dimulai dengan menetapkan tujuan atau target. Misal tujuanmu belajar adalah untuk memasuki perguruan tinggi ternama di Indonesia. Dengan memasuki perguruan tinggi tersebut, kamu harus memiliki nilai yang tentunya mumpuni.
Oleh karena itu tetapkan tujuan yang sebisa mungkin cukup signifikan untuk memacu semangatmu. Misalnya seperti ujian semester nanti, kamu akan menargetkan mendapatkan minimal 80 untuk pelajaran Matematika.
Menentukan tujuan bisa menjadi sebuah motivasi jika kamu mulai merasa kehilangan minat untuk belajar. Memiliki tujuan yang jelas membantu kamu tetap fokus dan konsisten selama proses belajar.

Atur Jadwal Belajar

Cara belajar efektif dan efisien yang kedua adalah mengatur jadwal belajarmu. Dalam hal ini kamu harus disiplin dalam menaati jam belajarmu. Misal dari jam 7 malam hingga jam 8 malam kamu harus belajar. Jangan lupa untuk beristirahat selama 5-10 menit saat kamu sedang belajar.
Belajar setiap hari adalah salah satu kunci agar hasil belajarmu lebih banyak terserap ke otak, dibandingkan dengan belajar dengan sistem kebut semalam. Bahkan jika kamu hanya menghabiskan 20 menit untuk belajar, itu lebih baik daripada tidak sama sekali.

Buat Suasana Belajar yang Nyaman

Buat suasana belajar yang nyaman agar kamu tetap fokus dalam belajar. Beberapa orang terbiasa dengan suasana yang sepi dan tidak banyak gangguan, maka bisa belajar di perpustakaan ataupun kafe yang tenang.

Tetapi, ada juga seseorang yang belajar lebih cepat terserap jika sambil mendengarkan musik. Semua itu tergantung dirimu, kenali dirimu dan buat suasana belajar senyaman mungkin.

Membuat Ringkasan

Cara belajar efektif dan efisien selanjutnya dengan membuat ringkasan dari hasil belajarmu. Kamu bisa menulis pokok-pokok penting. Bisa berupa poin-poin dari bahan belajarmu dalam sebuah buku, seperti rumus. Hal ini akan mudah untuk memahami inti dari pembelajaran tersebut.

Saat membuat rangkuman, sebetulnya kamu sedang mengulang materi yang telah didapatkan. Pengulangan ini membantu kamu mengingat kembali catatan dengan lebih efektif. Cobalah menyalin catatan sebelum ulangan atau ujian untuk membantumu mengingat materi lebih baik.

Jangan lupa membuat ringkasan dengan kalimat yang kamu buat sendiri. Menuliskan materi dalam kalimat yang kamu buat sendiri akan membantumu lebih mengingat poin-poin penting yang telah kamu pelajari.

Buat Akronim yang Mudah Diingat

Kamu sering lupa materi pelajaranmu? Kamu bisa menggunakan akronim yang mudah diingat. Contohnya, kalau perlu mengingat catatan tentang asas pemilu yaitu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Kamu bisa menggunakan rangkaian kata yang mudah diingat seperti 'Lu Be R Ju Dil'.

Atau mengintar tentang unsur golongan 2A atau alkali tanah (Be, Mg, Ca, Sr, Ba, Ra), kamu bisa menggunakan rangkaian kata yang mudah diingat seperti 'Beli Mangga Campur Sirup Bau Racun'. Dengan menggunakan akronim yang mudah diingat bisa mempermudah kamu untuk mengingat hasil belajarmu.

Pahami Bukan Menghafal

Beberapa orang salah dalam belajar pada hal ini. Sering kali seseorang malah menghafal materi bukan memahaminya. Padahal, sekedar menghafalkan pelajaran hanya akan efektif untuk ujian atau waktu jangka pendek. Dalam jangka panjang, ilmu yang dihafalkan hanya akan mudah untuk dilupakan dan tidak meninggalkan manfaat apapun.

Jangan Malu Bertanya

Jangan segan untuk bertanya jika kita tidak memahami sesuatu atau mengalami kebuntuan dalam suatu ilmu. Kamu belajar karena kamu memang tidak mengerti, maka jika kamu kesusahan jangan ragu untuk selalu bertanya. Kamu bisa bertanya kepada temanmu, belajar bersama atau diskusi juga mampu membuat belajar menjadi lebih menyenangkan.

Pantang Menyerah

Jika semua sudah kamu lakukan dan masih belum mencapai target, bukan berati kamu gagal. Ingatlah bahwa kamu tidak akan pernah bisa jika tidak membuat kesalahan. Tetap percaya diri dan terus berusaha.

Tetap tenang dan pantang menyerah. Tidak ada jalan pintas dalam hidup. Begitu juga dengan mengejar sebuah impian, tidak ada jalan pintas untuk meraih impianmu. Maka jangan pernah menyerah untuk terus belajar.

Nah, di atas adalah cara belajar efektif dan efisien yang bisa kamu lakukan. Selamat belajar!

Mau donasi lewat mana?

Paypal
Bank Rakyat Indonesia - Aan Triono / Rek : 0357-01-132169-50-3
Traktir saya minum kopi dengan cara memberi donasi. klik icon panah di atas. Terima kasih.
https://blog.choipanwendy.com