Mengenal Platform Merdeka Mengajar

Pengantar

Platform Merdeka Mengajar di Play Store
Pada hari Senin, 2 Agustus 2021 Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah (LPPKS) menyelenggarakan diklat Perencanaan Berbasis Data dan pengelolaan secara daring. Kegiatan yang dilakukan terdiri dari 2 jenis yaitu synchronous dan asynchronous. Kegiatan synchronous dilakukan melalui video conference menggunakan Google Meet dan asynchronous menggunakan LMS Moodle. Sebagai nara hubung dan Admin LMS untuk Kelas Bimtek Platform Pembelajaran 81 adalah Ibu Alfiatun Dwi Budiasih, S.Pd, dan sebagai nara sumber adalah Bapak Deny Avianto, S.T dari Pusdatin Kemdikbudristekdikti. 

Peserta Pelatihan

Adapun peserta diklat adalah perwakilan dari masing-masing sekolah yang diundang oleh LPPKS, yang tersebar di 7 provinsi. Data selengkapnya dapat dilihat di bawah ini.


Pada halaman selanjutnya kita akan mempelajari secara detail tentang platform Merdeka Mengajar tersebut. Silakan diklik halaman 2 atau klik next

Aplikasi Merdeka Mengajar

Pada pelatihan ini lebih difokuskan pada pengenalan dan penggunaan platform Merdeka Mengajar dalam kegiatan pembelajaran. Platform Merdeka Mengajar diluncurkan oleh Kemdikbudristekdikti, dan pada saat ini baru tersedia versi BETA. Agar lebih jelas, silakan klik tanda + atau tulisan di bawah ini.
  • Salah satu platform teknologi yang disediakan untuk mendukung para guru agar dapat mengajar lebih baik, meningkatkan kompetensinya, dan berkembang secara karier. Platform ini akan terus berkembang ke depannya dengan fitur-fitur yg dapat membantu guru menjadi pendidik yang lebih baik ke depannya.

  • Mengapa menggunakan produk perangkat ajar? Melalui produk perangkat ajar maka guru dapat memperoleh inspirasi materi pengajaran sesuai dengan mata pelajaran dan fase tertentu yang menjadi bagiannya. Setiap perangkat ajar juga dilengkapi dengan alur dan capaian pembelajaran agar guru dapat menavigasi proses pembelajaran sesuai kebutuhannya.
  • Produk perangkat ajar merupakan bagian dari platform Merdeka Mengajar, berisikan kumpulan materi pengajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam mencari materi pengajaran yang sesuai dengan mata pelajaran dan fase belajar yang diinginkan.
  • Perangkat ajar adalah berbagai modul ajar, buku teks pelajaran, video pembelajaran, modul projek, dan bahan lainnya yang digunakan pendidik dalam upaya untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila dan capaian pembelajaran. Pemerintah menyediakan perangkat ajar untuk membantu pendidik yang membutuhkan bahan atau inspirasi dalam pengajaran. Pendidik memiliki kemerdekaan untuk memilih dan memodifikasi perangkat ajar yang tersedia, ataupun membuat sendiri sesuai dengan kebutuhan, konteks, dan karakteristik peserta didik.
  • Semua Guru (dan Kepala Sekolah) pada Satuan pendidikan yang berada dalam program Sekolah Penggerak dan SMK Program Keunggulan.
  • Dapat mencari perangkat ajar berdasarkan mata pelajaran dan fase untuk kemudian dibaca. Perangkat ajar juga dapat ditandai dan disimpan ke dalam folder, atau diunduh sesuai dengan kebutuhan.
  • Dengan “mengunduh”, pengguna akan mendapatkan perangkat ajar di dalam gawai. Sedangkan dengan “menandai”, perangkat ajar dapat diakses secara lebih cepat dan dikelola ke dalam berbagai jenis folder yang disimpan di dalam aplikasi sesuai dengan kebutuhan.
  • Untuk mendapatkan penjelasan tentang pembelajaran paradigma baru, silahkan mengakses laman “Pusat Informasi” di dalam aplikasi.
  • Melalui produk asesmen murid, guru dapat menilai atau menguji tingkat kompetensi murid dengan memberikan asesmen diagnostik maupun formatif, dan dapat mengetahui di mana level kompetensi muridnya.
  • Merupakan upaya untuk mendapatkan data/informasi dari proses dan hasil pembelajaran setiap murid.
  • Produk asesmen murid merupakan bagian dari platform Merdeka Mengajar, terdiri dari kumpulan paket soal yang telah dipetakan berdasarkan fase dan mata pelajaran tertentu, untuk membantu guru mendapatkan informasi dari proses dan hasil pembelajaran murid.
  • Asesmen diagnostik tersedia di produk asesmen murid.
  • Semua Guru (dan Kepala Sekolah) pada Satuan pendidikan yang berada dalam program Sekolah Penggerak dan SMK Program Keunggulan.
  • Asesmen diagnostik mulai dapat digunakan sejak tanggal 12 Juli 2021 oleh semua guru pada Satuan Pendidikan SD, SMP, dan SMA yang berada dalam program Sekolah Penggerak serta SMK Pusat Keunggulan.
  • Guru dapat melakukan asesmen diagnostik di awal tahun pembelajaran. Tujuannya agar dapat digunakan untuk melakukan perencanaan lebih lanjut terkait metode pembelajaran berikutnya dengan dukungan dan rekomendasi perangkat ajar
  • Produk asesmen murid sudah tersedia secara otomatis di dalam platform. Namun jika belum muncul, pastikan Platform Merdeka Mengajar sudah di-update ke versi 0.1.3 yang bisa ditemukan informasinya di Playstore. Apabila masih belum tersedia, instal ulang Platform Merdeka Mengajar di gawai.
  • Dapat mencari asesmen diagnostik berdasarkan mata pelajaran dan fase untuk kemudian direviu oleh guru dan dibagikan kepada murid secara daring. Asesmen juga dapat diunduh ke gawai untuk dibagikan kepada murid secara luring. Hasil penilaian asesmen dapat dilihat di dalam platform, dan dikaitkan dengan rekomendasi perangkat ajar yang sesuai.
  • Ada dua jenis hasil penilaian asesmen, yakni hasil penilaian kelas dan hasil penilaian individu murid. Hasil penilaian kelas mencakup level kompetensi sebagian besar murid di kelas. Hasil penilaian individu murid akan menampilkan detil analisis tingkat kompetensi murid.
  • Asesmen dapat dibagikan kepada murid secara daring maupun luring.
  • Bagi asesmen yang dilakukan secara daring, hasilnya dapat dinilai secara otomatis di dalam platform. Namun, untuk asesmen yang dilakukan secara luring, hasilnya perlu dinilai secara manual menggunakan kunci jawaban yang tersedia dan dapat diunduh.
  • Ada dua jenis hasil penilaian asesmen, yakni hasil penilaian kelas dan hasil penilaian individu murid. Hasil penilaian kelas mencakup level kompetensi sebagian besar murid di kelas. Hasil penilaian individu murid akan menampilkan detil analisis tingkat kompetensi murid.

User Manual Penggunaan Aplikasi Merdeka Mengajar

Selanjutnya kita akan mempelajari bagaimana caranya mendownload platform Merdeka Mengajar di Play Store dan mulai menggunakannya. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi/platform Merdeka Mengajar di HP/Tablet dan selanjutnya silakan simak panduan berikut.

Penutup

Demikian artikel tentang mengenal platform Merdeka Mengajar yang diluncurkan Kemdikbudristekdikti sebagai pendukung dari program sekolah penggerak dan merdeka mengajar. Tak lupa, terima kasih kami sampaikan kepada Ibu Alfiatun Dwi Budiasih, S.Pd selaku Admin dan nara hubung dari LPPKS, Bapak Deny Avianto, S.T selaku nara sumber dari Pusdatin Kemdikbudristekdikti, yang telah memberikan ilmu dan wawasannya terkait dengan platform Merdeka Mengajar serta Kepala SMPN Purworejo beserta stake holder terkait. Semoga kita semua ikut menjadi bagian dalam upaya untuk mencerdaskan kehidupan anak bangsa dalam mencapai tujuan pendidikan nasional. Aaamiin.

Referensi:
https://guru.kemdikbud.go.id

Mau donasi lewat mana?

Paypal
Bank Rakyat Indonesia - An. Aan Triono / Rek : 0357-01-132169-50-3
Traktir saya minum kopi dengan cara memberi sedikit donasi. klik icon panah di atas. Terima kasih.
https://blog.choipanwendy.com