Memasang LaTeX Engine di Blog

Pengantar

memasang mesin latex di blog
Di kesempatan kali ini, Admin hanya akan bercerita, ketika awal-awal belajar LaTeX di akhir tahun lalu, Admin mencari referensi di Google dan menemukan beberapa Blog yang memasang LaTeX Engine di dalamnya, hal ini tentu menjadi salah satu daya tarik dan sangat memudahkan bagi para pembelajar LaTeX yang ingin mengetahui hasil dari penulisan kode LaTeXnya. Sebagai contoh misalnya Blog https://www.latex4technics.com, dan https://www.latexdraw.com. Berawal dari rasa penasaran dan keingintahuan tentang bagaimana caranya memasang 'mesin' LaTeX atau LaTeX Engine di sebuah Blog seperti yang terdapat pada Blog tersebut, maka Admin mencari berbagai literatur online dan bertanya ke sesama rekan blogger, tetapi belum berhasil menemukan caranya. Kemudian berbekal nekat maka pada hari Jum'at, 16 Juli 2021 Admin memberanikan diri menulis surat elektronik (email) kepada Admin Blog www.latexdraw.com, yaitu Mr. Muhammed Benmiloud. Tak disangka Beliau membalas emailnya dan memberikan sebuah tautan yang menuju ke sebuah artikel di Github. Pada hari Sabtu, 14 Agustus 2021 Admin menghubungi seorang blogger (nama pena R-Stats) melalui kontak yang disediakan di blognya, menanyakan bagaimana caranya Beliau memasang halaman CodeCogs LaTeX Editor  di blognya. Hmmm, rupanya Beliau ini seorang Dosen Statistika di Yogyakarta. Tak dinyana, beliau memberikan script untuk memasang CodeCogs LaTeX Editor di blog. Dan berhasil dipasang di blog ini, sengaja Admin namakan MaTeX, akronim dari Matematika dan TeX. Untuk mencoba menulisnya atau sekadar melihatnya, silakan cek di sini. Kemudian pada hari Minggu, 15 Agustus 2021, Admin mengirimkan tautan dari Mr. Muhammed Benmiloud kepada Beliau untuk dipelajari, tak butuh banyak waktu, Beliau bisa menemukan scriptnya (Dosen emang beda) dan mencobanya di blog Beliau dan work 100%. Tak menunggu lama, Admin pun diberikan script tersebut dan memasangnya di blog www.aantriono.com. Saluuuut sama Beliau, kereeen pokoknya. 👍. 

LaTeX Engine

Sebenarnya apa itu LaTeX Engine atau mesin LaTeX? Anda bisa membaca penjelasannya di sini, atau di sana. Selama ini untuk menggunakan LaTeX secara online, admin menggunakan situs www.overleaf.com, dan secara offline menggunakan TeXLive. Di dalam mesin LaTeX tersebut tersedia pilihan yang beragam, apakah akan menggunakan pdfTex, XeLaTeX, LuaLaTeX atau yang lainnya.
Sebagai bahan uji coba, silakan copy kode berikut.
% Kode Bendera Turki ini telah admin publish sebelumnya.
\documentclass{article}
\usepackage{fancybox}
\usepackage[x11names,dvipsnames]{xcolor}
\definecolor{bulanbintang}{rgb} {255,255,255}
\usepackage{tikz}
\usetikzlibrary{shapes.geometric}
\title{Bendera Turki}
\author{Aan Triono }
\date{\today}
\begin{document}
\centering
\maketitle
\begin{tikzpicture}
\fill [red] (-5,-4) rectangle (8.5,3.5);
\fill[bulanbintang,even odd rule] (0,0) circle (2.5);
\fill[red] (.54,0) circle (2);
\fill[bulanbintang] (2.9,0) node [ regular polygon, regular polygon sides=5, inner sep=0pt, minimum size=1.5cm,
shape border rotate=20] (A) {} (A.corner 1)
\foreach \i in{1, 3, 5, 2, 4} {-- (A.corner \i) } -- cycle;
\end{tikzpicture}
\end{document}
Selajutnya buka halaman LaTeX Engine yang ada di blog ini dan hapus semua kode yang ada dan ganti atau pastekan semua kode tersebut, lalu klik Run at This Site. Lihat output pada halaman di bawahnya. Jika tidak ada kesalahan penulisan, maka hasilnya adalah seperti gambar berikut.
Memasang mesin LaTeX di blog
Selain itu ada pilihan Open in Overleaf, jika kita mengklik tulisan tersebut, otomatis kode LaTeX tersebut akan tersimpan di akun overleaf kita. Selanjutnya berikut ini adalah kode LaTeX yang berasal dari blognya Mr. Stefan Kottwitz.
\documentclass{standalone}
\usepackage{pgfplots}
\usepgfplotslibrary{polar,colormaps}
\begin{document}
\begin{tikzpicture}
\begin{polaraxis}[
domain = -14400:14400,
samples = 3000,
colormap/cool,
hide axis
]
\addplot[no markers,mesh,opacity=0.5] {1-sin(40*x/39};
\end{polaraxis}
\end{tikzpicture}
\end{document}
Jika tidak ada kesalahan penulisan, maka hasilnya adalah seperti gambar berikut.
Memasang mesin laTeX di blog

Penutup

Setelah berhasil memasang LaTeX Engine di blog, dan melihat hasilnya, dapat disimpulkan  memang hasil kompilasinya sama seperti ketika menulis sendiri kodenya di situs overleaf.com ataupun di TeXLive. Hanya saja masih ada kekurangan dan ini juga sudah Admin tanyakan melalui surat elektronik dengan dibantu Ibu Yeni Sutrisni kepada Mr. Muhammed Benmiloud yaitu : Bagaimana cara mengunggah file ke dalam LaTeX Engine yang ada di blog? Apakah Anda mengetahui solusinya? Silakan tuliskan di komentar untuk kita diskusikan. 
Demikian artikel tentang memasang Mesin LaTeX atau Latex Engine di blog menggunakan script dari github. Terima kasih. Semoga bermanfaat.
Terima kasih kepada : Mr. Muhammed Benmiloud, Bpk. Dosen R-Stats.

Mau donasi lewat mana?

Paypal
Bank Rakyat Indonesia - Aan Triono / Rek : 0357-01-132169-50-3
Traktir saya minum kopi dengan cara memberi donasi. klik icon panah di atas. Terima kasih.
https://blog.choipanwendy.com