Pelatihan Program Sekolah Penggerak

Dalam kesempatan ini, Admin akan sedikit bercerita tentang pelatihan Program Sekolah Penggerak yang baru saja Admin ikuti. Apa itu Program Sekolah Penggerak? Program Sekolah Penggerak adalah program untuk mendorong proses transformasi satuan pendidikan agar dapat meningkatkan capaian hasil belajar peserta didik secara holistic baik dari aspek kompetensi kognitif (literasi dan numerasi) maupun non-kognitif (karakter) untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Program Sekolah Penggerak adalah program untuk mendorong proses transformasi satuan pendidikan agar dapat meningkatkan capaian hasil belajar peserta didik secara holistik baik dari aspek kompetensi kognitif  (literasi dan numerasi) maupun non-kognitif (karakter) untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. 
pelatihanprogram sekolah penggerak
Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1177/M/2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Sekolah Penggerak, menyebutkan bahwa tujuan Program Sekolah Penggerak adalah meningkatkan kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila, menjamin pemerataan kualitas pendidikan melalui program peningkatan kapasitas kepala sekolah yang mampu memimpin satuan pendidikan dalam mencapai pembelajaran yang berkualitas, membangun ekosistem pendidikan yang lebih kuat yang berfokus pada peningkatan kualitas, serta menciptakan iklim kolaboratif bagi para pemangku kepentingan di bidang pendidikan baik pada lingkup sekolah, pemerintah daerah, maupun pusat. Untuk mencapai tujuan tersebut, intervensi pada tingkat satuan pendidikan dilakukan dengan menguatkan SDM sekolah melalui pelatihan dan pendampingan. Pelatihan dan pendampingan penguatan SDM sekolah ini menggunakan platform belajar berupa Learning Managament System Program Sekolah Penggerak (LMS PSP) dan difasilitasi oleh instruktur.

Peserta Pelatihan Program Sekolah Penggerak

Alhamdulillah, dari tanggal 25 Mei - 7 Juni 2021 Admin berkesempatan mengikuti Pelatihan Program Sekolah Penggerak Tahap 1 yang diselenggarakan oleh LPPKSPS, dengan Instruktur Ibu Leny Tri Hartiastuti, S.Pd, dan untuk admin LMS adalah Bapak Eko Rumekso, S.Kom. Adapun pesertanya adalah sebagai berikut :
1. Yustina Tresiah, S.Pd dari SMP Negeri 3 Paritiga Satu Atap
2. Uhti Amaliah, S.Pd dari SMP Negeri 1 Simpang Teritip
3. Dian Maulia, S.Pd dari SMP Negeri 1 Muntok
4. Ruliana Sofia, S.Pd dari SMP Negeri 4 Metro
5. Mufidatun Fajari, S.Pd dari SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan
6. Maya Pradipta Maharani, S.Pd dari SMP Negeri 4 Krui
7. Syahrial, S.Pd dari SMP Negeri 16 Krui
8. Heri Mulyanto, S.Pd dari SMP Negeri 2 Punggur
9. Aan Triono, S.Pd dari SMP Negeri Purworejo
10. Dian Puspita Dewi,S.Pd dari SMP Negeri 1 Seputih Surabaya 
11. Wayan Putrayasa, S.Pd dari SMP Negeri 3 Trimurjo
12. Murkanti Slamet, S.Pd dari SMP Negeri 2 Gunung Sugih
13. Mariya Yemi, S.Pd dari SMP Negeri 2 Bangunrejo
14. Heri Sutrisno, S.Pd dari SMP IT Bustanul Ulum
15. Anggi Yani Martinus Sari, S.Pd dari SMP Negeri 2 Trimurjo
16. Sunaryo, SE dari SMP Negeri 1 Bandar Mataram
17. Iskandar, S.Pd dari SMP Negeri 1 Trimurjo
18. Kasiati, S.Pd dari SMP Negeri 1 Kalirejo
19. Sri Sundari, S.Pd dari SMP Negeri 1 Seputih Agung
20. Sukamto, A.Md dari SMP Negeri 2 Seputih Mataram
21. Yurita Eka Sari, S.Pd dari SMp Negeri 2 Selagai Lingga
22. Sefilius Yulianti dari SMP Kristen 2 bandar Jaya
23. Shinta Shaputri, S.Pd dari SMP IT Cinta Ilahi
24. Ismiatin, S.Pd dari SMP Islam Plus At Tholibin
25. Riska Apriani, S.Si dari SMP Muhammadiyah Seputih Surabaya

Jadwal Pelatihan Program Sekolah Penggerak

Untuk jadwal pelatihannya sendiri, ada dua sesi yaitu sesi pagi untuk peserta yang berasal dari Indonesia bagian timur dan sesi siang untuk peserta yang berasal dari Indonesia bagian barat. Untuk lebih jelasnya perhatikan lampiran berikut.

Pola Pembelajaran

Pola pembelajaran yang diterapkan pada kegiatan pelatihan Program Sekolah Penggerak adalah pembelajaran per hari, dimana para peserta akan disajikan serangkaian kegiatan yang harus dilakukan setiap harinya.
Berikut gambaran pola pembelajaran yang disajikan.
LMS pelatihan Program Sekolah Penggerak
Angka yang disajikan merepresentasikan pembelajaran hari ke berapa, mulai hari ke-1 s.d. hari ke-10. Kegiatan yang dilaksanakan akan berbeda setiap harinya disesuaikan dengan struktur pelatihan. Kegiatan yang akan dilaksanakan setiap harinya terdiri dari kegiatan synchronous dan asynchronousKegiatan synchronous merupakan aktivitas mengelaborasi pemahaman dengan instruktur dengan memberikan penguatan pemahaman terkait substansi materi, konfirmasi pembelajaran, dan refleksi dari pembelajaran yang didapat pada aktivitas mandiri di asynchronous. Aktivitas synchronous dilakukan di kelas virtual melalui web meeting. Aplikasi web meeting yang digunakan adalah Google Meet.
aktivitas synchronous di LMS PSP
Sedangkan pada aktivitas asynchronous peserta membaca materi, menonton video pembelajaran sebelum mereka datang mengelaborasi pemahaman dengan fasilitator di kelas virtual dan mereka mulai berdiskusi, bertukar pengetahuan, menyelesaikan masalah, dengan peserta lain, aktivitas menjawab pertanyaan reflektif, aktivitas mempelajari materi dan berdiskusi materi dengan peserta lain, aktivitas kolaborasi di kelompok dengan peserta lain, aktivitas mengerjakan tugas mandiri dan menggungah tugas, aktivitas refleksi di blog,  dan ktivitas menjawab pertanyaan pada quiz. Semua aktivitas asynchronous dilakukan di dalam LMS. Admin sendiri pernah menerapkan LMS Moodle untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Silakan klik menu E-LEARNING di blog ini atau klik di sini
aktivitas asynchronous di LMS PSP

Materi

Materi yang dipelajari pada pelatihan ini adalah :
  1. Kebijakan Program Sekolah penggerak
  2. Orientasi pelatihan
  3. Pendidikan yang memerdekakan
  4. Kerangka kurikulum
  5. Capaian pembelajaran
  6. Perangkat ajar
  7. Asesmen
  8. Kurikulum operasional di satuan pendidikan
  9. Pengenalan literasi digital
  10. Pelaksanaan IHT di satuan pendidikan
Untuk ringkasan materi pelatihan program sekolah penggerak, silakan klik tombol berikut.
Download

Kendala

Karena pelatihan ini menggunakan moda dalam jaringan, tentu saja ada beberapa kendala yang dialami para peserta seperti belum familiar dengan LMS Moodle yang digunakan, jaringan internet yang tidak stabil sehingga berpengaruh ketika mengikuti kegiatan synchronous di Google Meet maupun dalam aktivitas asynchronous mengerjakan dan mengunggah tugas di LMS, selain itu waktu pengerjaan tugas yang tidak banyak, sehingga seakan-akan diburu oleh waktu agar semua tugas terceklis oleh sistem LMS. Belum lagi kendala kesehatan yang terganggu karena kurang istirahat selama mengikuti pelatihan ini.

Manfaat

Tentu saja bagi sekolah yang mengikuti Program Sekolah Penggerak akan memperoleh banyak manfaat, diantaranya adalah :
  • Peningkatan kompetensi kepala sekolah dan guru
  • Peningkatan mutu hasil belajar dalam kurun waktu 3 tahun
  • Percepatan digitalisasi sekolah
  • Percepatan pencapaian Profil Pelajar Pancasila
  • Kesempatan menjadi katalis perubahan bagi satuan pendidikan
  • Mendapatkan pendampingan intensif
  • Memperoleh tambahan anggaran untuk pembelian buku bagi pembelajaran dengan paradigma baru

Penutup

Tidak terasa hari ini, Senin 07 Juni 2021 adalah hari terakhir kami mengikuti pelatihan Program Sekolah Penggerak. Ada banyak kesan dan harapan dari kami semua terkait dengan pelatihan ini dan implementasinya di satuan pendidikan masing-masing memasuki Tahun Pelajaran 2021/2022. Terima kasih dan penghargaan yang tinggi disampaikan kepada Ibu Leny Tri Hartiastuti, S.Pd dan Bapak Eko Rumekso, S.Kom atas semua ilmunya, bimbingannya, dan pencerahannya sehingga kami mengerti tentang sekolah penggerak. Kepada semua bapak/Ibu peserta tak lupa Admin ucapkan terima kasih atas segala kerjasama yang baik, atas kesediaan berbagi dan berkolaborasi selama ini, semoga semua amal baik Bapak/Ibu diterima Allah Subhanahu wa Ta'ala. Dan  semoga Allah Yang Mahakuasa senantiasa memberkati upaya yang kita lakukan demi mencapai tujuan pendidikan Indonesia. Aamiin.
Demikian artikel tentang pelatihan program sekolah penggerak. Jika ada saran dan masukan silakan tuliskan di kolom komentar. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Mau donasi lewat mana?

Paypal
Bank Rakyat Indonesia - An. Aan Triono / Rek : 0357-01-132169-50-3
Traktir saya minum kopi dengan cara memberi sedikit donasi. klik icon panah di atas. Terima kasih.
https://blog.choipanwendy.com