Membuat Naskah Soal dengan LaTeX

S
udah menjadi rutinitas dan aturan bahwasanya di setiap sekolah ketika pertengahan dan akhir semester, maka sekolah tersebut melaksanakan penilaian tengah semester dan penilaian akhir semester/tahun. Setiap guru pun membuat soal untuk diujikan bagi siswanya. Biasanya jika soal yang dibuat oleh para guru digunakan untuk sekolahnya sendiri, soal tersebut memiliki struktur sebagai berikut.
  • Logo pemerintah daerah dan identitas sekolah.
  • Garis pemisah kop/logo dengan jenis penilaian, nama mata pelajaran yang diujikan dan waktu pelaksanaan, identitas siswa dan hal yang terkait lainnya.
  • Petunjuk pengerjaan soal.
  • Soal
  • Tempat menuliskan jawaban (jika soal berupai isian).
Selanjutnya dalam kesempatan ini Admin akan memberikan panduan sederhana tentang membuat naskah soal penilaian tengah semester kelas VIII dan IX yang ditulis menggunakan $\LaTeX$. Bagaimana caranya. Ikuti panduan berikut.
1. Buka Tex editor Anda.
2. Siapkan logo sekolah/pemerintah daerah Anda. Letakkan di dalam folder yang sama dengan Anda menulis soal tersebut.
3. Selanjutnya dalam pembuatan naskah soal ini, Admin akan menggunakan kertas ukuran legal, ukuran huruf $11$ pt, dan margin $1$ cm, jenis tulisan fourier dan soal jenis isian yang terbagi dalam dua ($2$) kolom dan soal yang dibuat adalah soal mata pelajaran matematika. Tuliskan semua paket yang dibutuhkan dalam mukadimah dokumen yang dibuat seperti berikut ini.
4. Kemudian Anda sisipkan logo pemerintah daerah Anda dan teks nama sekolah Anda melalui perintah sebagai berikut.
Hasil dokumennya seperti gambar berikut.
cara membuat soal di latex
5. Untuk membuat garis pemisah logo dan kop sekolah dengan jenis penilaian,  identitas mata pelajaran, identitas siswa, dan sebagaianya dalam hal ini akan dibuat $2$ garis yang berbeda ketebalannya,  gunakan perintah sebagai berikut.
6. Selanjutnya akan dibuat judul penilaian yang dilakukan sekolah, identitas mata pelajaran yang diujikan beserta identitas siswa dan hal-hal yang terkait lainnya. Gunakan perintah sebagai berikut.
Hasil dokumennya seperti gambar berikut.
membuat soal di latex
7. Selanjutnya akan dibuat tentang petunjuk pengerjaan soal. Misalkan teksnya seperti terlihat dalam perintah berikut.
8. Langkah selanjutnya adalah membuat soal. Misalkan soalnya berbentuk isian sejumlah $10$ soal dan dibagi dalam $2$ kolom. Perhatikan kode berikut.
Hasil dokumennya seperti gambar berikut.
membuat soal di latex
9. Bagian terakhir adalah menuliskan teks Jawaban, sehingga siswa mengetahui tempat untuk menuliskan jawabannya. Perhatikan kode berikut.
Sebagai contoh, berikut Admin berikan tampilan soal yang sudah dibuat menggunakan $\LaTeX$ dan digunakan dalam Penilaian Tengah Semester Genap di Tahun Pelajaran ini.
Demikian panduan membuat naskah soal penilaian tengah semester atau penilaian akhir semester/tahun yang ditulis menggunakan $\LaTeX$. Semoga bermanfaat. Terima kasih.



Mau donasi lewat mana?

Paypal
Bank Rakyat Indonesia - Aan Triono / Rek : 0357-01-132169-50-3
Traktir saya minum kopi dengan cara memberi donasi. klik icon panah di atas. Terima kasih.
https://blog.choipanwendy.com