Love in GeoGebra

Cinta adalah sebuah kata yang sarat makna 💗. Cinta adalah bahasa universal. Dengan cinta, sesuatu yang biasa menjadi berharga, sesuatu yang hina menjadi mulia, sesuatu yang maya menjadi nyata. Berbicara tentang cinta tak akan ada habisnya 😊. Ada banyak legenda tentang cinta, kisah cinta Qais dan Layla yang begitu mengharu biru, Romeo and Juliet yang terpisah karena tiada restu dari orang tua, atau pun perjuangan Bandung Bondowoso dalam memenuhi permintaan pujaan hatinya Loro Jonggrang, membuat seribu candi dalam waktu semalam adalah bentuk pembuktian cintanya. Dengan cinta, sepasang insan rela menempuh onak nan berduri sebagai bentuk pengorbanan cintanya. Cinta memang seringkali tak mengenal logika, begitu kata Agnez Monica. Hidup tanpa cinta bagai taman tak berbunga, begitu pula kata Bang Haji Rhoma Irama. Gunung tinggi kulalui, Sungai Musi kuseberangi, topan badai kuhadapi, demi cintaku yang suci, begitu kata Bang Ona Sutra, gombal bingits ya heeee 😂. Ketika cinta tengah membara, apapun akan dilakukan untuk pujaan hatinya. Namun, bagaimana ketika cinta terputus dari talinya? Ada banyak pujangga yang melukiskannya dalam untaian kata nan bermakna. Ingin ku mati bila tak ingat dosa, ingin rasanya ku pulang ke rahim ibu, dan tak ingin terlahir lagi, begitu kata Helen Sparingga 😭. Jika putus cinta, langit terasa runtuh, bumi pun serasa terbelah dan tak ada lagi tempat di dunia ini 😷. Bagaimana kisah cinta Anda?
Admin sudahi saja berbicara tentang cinta, yang berlalu tak akan kembali. Terlalu manis tuk dilupakan, terlalu pahit tuk dikenangkan 😂. Sesuai judulnya, Admin akan memberikan tutorial untuk membuat grafik menyerupai tulisan love/cinta dalam GeoGebra. Sebagai contoh terlihat pada gambar berikut.


Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
1. Buka GeoGebra.
2. Untuk menulis huruf L, pada kolom Input ketikkan persamaan $y=\dfrac{1}{x}$.
grafik y=1/x di geogebra

3. Untuk menulis huruf O, pada kolom Input ketikkan persamaan $x^2+y^2=2$, nilai $2$ bisa diganti sesuai kebutuhan.
grafik x^2+y^2=2 di geogebra

4. Untuk menulis huruf V, pada kolom Input ketikkan persamaan $y=|-2x|$.
grafik y=|-2x| di geogebra

5. Untuk menulis huruf E, pada kolom Input ketikkan persamaan $x=-3sin(y)$.
grafik x=-3sin(y) di geogebra
Sebagai langkah terakhir, silakan ubah pewarnaan masing-masing grafik, atur ketebalan grafik, hilangkan label,  dan lain sebagainya. Contoh hasil tampilannya seperti tampak berikut ini.
Bagaimana menurut Anda, apakah grafiknya mirip dengan "Love"?
Selanjutnya bagaimana dengan ini?
Demikian artikel cara membuat grafik "Love in geoGebra". Jika ada saran, kritik, ataupun masukan, silakan tuliskan di kolom komentar atau hubungi Admin di sini. Semoga bermanfaat. Terima kasih.



Mau donasi lewat mana?

Paypal
Bank Rakyat Indonesia - Aan Triono / Rek : 0357-01-132169-50-3
Traktir saya minum kopi dengan cara memberi donasi. klik icon panah di atas. Terima kasih.
https://blog.choipanwendy.com