Tahun Baru Islam 1442 H

gambar tahun baru islam 1442 h

Pada tahun 2020 M ini , Tahun baru Islam atau 1 Muharram 1442 H akan jatuh bertepatan dengan hari  kamis, 8 Agustus 2020. Islam memiliki 12 bulan dalam satu tahun . Adapun nama-nama bulan dalam kalender hijriyah adalah : Muharam, Safar, Rabiul Awal, Rabiul Akhir/Rabi'uts Tsany, Jumadil Awal, Jumadil Akhir/Jumadits Tsany, Rajab, Syakban, Ramadan, Syawal, Zulkaidah, Zulhijah.  Diantara kedua belas bulan tersebut ada yang dinamakan bulan haram yaitu : bulan Zulkaidah, Zulhijah, Muharam, dan Rajab.

Tahun Baru Hijriah atau Tahun Baru Islam merupakan suatu hari yang penting bagi umat Islam karena menandai peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam yaitu memperingati hijrahnya Nabi Muhammad SAW. dari Kota Makkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. Peristiwa bersejarah itu terjadi pada 1 Muharam tahun baru bagi Kalender Hijriah. 

Kalender Hijriah secara resmi belum dimulai ketika zaman Rasulullah SAW. Kalender ini hanya dimulai pada zaman Khalifah Ar-Rasyidin kedua yaitu Umar al-Faruq R.A. Ada beberapa saran dari para sahabat untuk penetapan tanggal bagi Madinah ketika itu, ada yang mengusulkan tahun Islam dimulai ketika kelahiran Nabi Muhammad saw., ada yang mengusulkan awal tanggal Islam ditetapkan pada hari Rasulullah diangkat sebagai nabi dan rasul tetapi pandangan yang menyarankan awal tanggal Islam pada tanggal hijrah Nabi Muhammad SAW.

Penetapan ini adalah untuk mengenangkan betapa pentingnya tanggal hijrah yang menjadi perubahan paradigma dalam sejarah agama Islam yang mana pertama kali dalam sejarah Islam seorang nabi dan rasul membentuk pemerintah dengan segala kesulitan dan berhasil membuat hubungan diplomatik dengan beberapa negara serta menyampaikan dakwah Islam secara global sehingga Islam tersebar ke merata dunia.

Bagi umat islam tahun baru islam memiliki makna mendalam dan spesial . Berikut ini tiga makna Tahun Baru Islam.
1. Hijrahnya Nabi Muhammad SAW
1 Muharram juga diperingati sebagai pengingat peristiwa penting saat Nabi  Muhammad SAW hijrah dari Mekkah ke Madinah. Setelah Nabi Muhammad      SAW hijrah, Islam mengalami perkembangan pesat dan semakin menyebar    hingga ke Mekkah dan wilayah sekitarnya.
2. Bentuk Perjuangan Nabi Muhammad dan Para Sahabat
Tahun baru Islam juga dimaknai sebagai semangat perjuangan yang tak        kenal lelah dan putus asa dalam menyebarkan agama Islam oleh Nabi            Muhammad SAW dan para sahabatnya.
Meskipun banyak tantangan dan rintangan, Nabi Muhammad SAW dan sahabat tak pernah menyerah atau pesimis. Bahkan Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah meninggalkan tempat kelahirannya, saudara, dan harta bendanya hanya agar bisa memenuhi perintah dan wahyu yang diberikan Allah SWT.
3. Intropeksi Diri
Pergantian tahun baru islam juga dimaknai sebagai momen untuk intropeksi diri atau muhasabah. Seiring waktu yang terus berjalan dan berlalu, dengan adanya tahun baru islam, diharapkan umat muslim lebih mawas diri, introspeksi dan bermuhasabah atas segala tindakan dan perbuatan yang dilakukan selama 12 bulan. Sekaligus memikirkan apa yang harus diperbaiki dan ditingkatkan di tahun mendatang.

Semoga sebagai seorang muslim, Tahun Baru Islam 1442 H membawa semangat baru, semangat perubahan untuk berhijrah dari hal-hal yang tidak baik menuju ke hal-hal yang baik dan tetap istikomah di atas jalan kebaikan dan kebenaran itu yaitu Dinul Islam. Aamiin.

Mau donasi lewat mana?

Paypal
Bank Rakyat Indonesia - An. Aan Triono / Rek : 0357-01-132169-50-3
Traktir saya minum kopi dengan cara memberi sedikit donasi. klik icon panah di atas. Terima kasih.
https://blog.choipanwendy.com